14Nov2016

BUPATI IRSYAD AJAK ANAK-ANAK KABUPATEN PASURUAN UNTUK BIASAKAN MEMBACA 1 JAM SEHARI

Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf tak henti-hentinya mengajak anak-anak Kabupaten Pasuruan untuk membiasakan membaca satu jam dalam satu hari.

Hal tersebut seperti saat dirinya menghadiri Road Show Gemar Membaca Putaran Kelima yang diselenggarakan Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Pasuruan, di Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Assimachi, Desa Kalipang, Grati, Senin (14/11).

Bersama Lulis Irsyad Yusuf yang tak lain adalah Bunda Baca Kabupaten Pasuruan, Irsyad mengajak para undangan yang rata-rata adalah pelajar SD, SMP dan SMA itu untuk membiasakan membaca selama satu jam dalam satu hari. Dengan membaca, banyak sekali hal-hal baru yang akan terserap dalam otak, sehingga khasanah ilmu pengetahuan akan semakin bertambah.

“Di dunia ini banyak sekali hal-hal yang tidak kita ketahui. Untuk itu, membaca itu penting karena dengan membaca, kita sudah membuka jendela dunia. Contohnya kalau kita membaca tentang sebuah pulau yang indah lengkap dengan panorama dan budaya dari masyarakat sekitar, seakan-akan kita pernah ke sana, padahal belum. Itulah kelebihan dari membaca,” kata Irsyad dalam sambutannya.

Lebih lanjut Irsyad menambahkan, Road Show Gemar Membaca adalah program yang dapat mengingatkan masyarakat, khususnya para guru dan orang tua agar lebih intens menghimbau putra-putrinya untuk sering membuka buku atau bacaan yang memberi ilmu baru.

“Ini sudah lima putaran sehingga wilayah-wilayah yang sudah dikunjungi semoga ada perubahan dalam minat baca. Minimal adalah para guru dan orang tua yang melakukan pendekatan agar putra-putrinya mau membaca, meskipun sekarang ini digerojok dengan banyak handphone maupun smartphone yang memiliki banyak aplikasi modern,” imbuhnya.

Sementara itu, gelaran Road show Gemar Membaca yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB itu diisi dengan penampilan Tim Paduan Suara Ponpes Assimachi yang membawakan lagu Pasuruan Gumuyu dan Mars Perpustakaan, serta cara membaca cepat yang ditunjukkan oleh anak-anak WBA Speed Reading Surabaya. Tak hanya itu saja, penampilan Kak Reza dan Dodi Mikro, Pantomimik Cilik asal Jogjakarta sukses membuat tertawa seluruh peserta roadshow.

“Lucu sekali, masih kecil tapi bisa memperagakan legenda bawang merah dan bawang putih melalui pantomime atau ekspresi wajah,” ungkap Fatim, salah satu santri di Ponpes tersebut. (emil)

  • 19:29:43
  • emil
  • 258 kali dilihat
  • Pendidikan
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

JUN 19

Pasuruan Ramadhan Fair 2017

Menampilkan produk unggulan Kabupaten Pasuruan dari masing-masing UMKM/ IKM stake holder/ mitra pembangunan Kabupaten Pasuruan

07.00 - 17.00

22 Jun 2017 (Tanggal Berakhir)

Sentra Produk Unggulan Kabupaten Pasuruan, Bangil

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga