10Jan2017

TAHUN INI, JUMLAH SMP PESERTA UNBK SEMAKIN BERTAMBAH

Tahun 2017, jumlah SMP (sekolah menengah pertama) di Kabupaten Pasuruan yang akan mengikuti UNBK (ujian nasional berbasis komputer) semakin bertambah.

Apabila tahun 2016 lalu hanya 5 SMP saja, akan tetapi tahun ini, khususnya hingga hari ini, Selasa (10/01), sudah ada 16 sekolah yang  mendaftar untuk dapat melaksanakan unas dengan sistem Computer Based Test alias CBT.

Hasbullah, Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) pada Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan mengatakan, dari 16 SMP terbagi menjadi 7 SMP negeri dan 9 swasta. Mereka diantaranya SMPN I dan 2 Nguling, SMPN I Wonorejo, SMP Terbuka Wonorejo, SMPN I Gondangwetan, SMP Terbuka Gondangwetan, SMPN I Purwosari, SMP Yadika Bangil, SMP Al Yasini Kraton, SMP Maarif NU Pandaan, SMP Al Ma’hadul Islami Beji, SMP Darul Ulum 5 Rebalas, SMPN 3 Bangil, SMPN I Lekok dan SMP Terbuka Lekok. Sedangkan 5 SMP yang lebih dulu telah melaksanakan UNBK pada tahun 2016 adalah SMPN I Bangil, SMPN 2 dan 2 Pandaan, SMPN 1 Gempol dan SMP NU Lekok.

“16 sekolah yang mendaftar adalah sampai hari ini, karena dari Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur masih membuka pendaftaran sampai tanggal 15 Januari ini. Jadi kami prediksikan masih banyak sekolah yang akan mendaftar,” terangnya.

Ditambahkan Hasbullah, meskipun rata-rata sekolah tersebut belum sepenuhnya memiliki komputer sesuai dengan jumlah peserta UNBK, akan tetapi mereka sudah melaksanakan MoU (memorandum of understanding) atau kerja sama dengan SMA maupun SMK yang berdekatan dengan SMP bersangkutan.

“Contohnya saja SMPN I Nguling yang sudah MoU dengan SMKN I Nguling untuk lokasi pelaksanaan UNKB hingga penggunaan komputer itu sendiri. Mengenai sistem nya apakah sewa atau pinjam pakai, itu kami serahkan sepenuhnya kepada masing-masing sekolah,” imbuhnya.

Sementara itu, saat ditanya perihal masih sedikitnya SMP di Kabupaten Pasuruan yang siap UNBK, Hasbullah menegaskan bahwa seluruhnya tergantung dari masing-masing sekolah yag bersangkutan.  Dari 147 SMP negeri swasta, yang siap hanya 21 sekolah, sedangkan yang lain masih melaksanakan PBT (paper based test) alias ujian tertulis. Oleh karenanya, Dispendik menurut Hasbullah akan terus mengajak SMP-SMP agar beralih ke UNBK.

“Sudah saatnya semua sekolah bisa maju dengan mengikuti jaman. Dari 13.813 siswa kelas IX se-Kabupaten Pasuruan, Insya allah akan terus kami arahkan untuk siap mengikuti UNBK, termasuk kesiapan sekolah itu sendiri,” ungkapnya. (emil)

  • 18:47:02
  • emil
  • 415 kali dilihat
  • Pendidikan
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

SEP 12

Pekan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Jawa Timur IX Tahun 2017

Diantara Agenda Pekan KIM Jawa Timur IX Tahun 2017: 1) Ngopi Bareng Pakdhe Karwo; 2) Grand Final Lomba Cerdik Cermat Komunikatif; 3) Pameran Produk TIK KIM dan Potensi Daerah; 4) Festival Pertura; 5) Workshop TIK & Pemanfaatan Blog

09:00 am - 22:00 pm

16 Sep 2017 (Tanggal Berakhir)

Taman Candra Wilwatikta, Kecamatan Pandaan

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga