12Oct2017

Kapiten Pasuruan Masuk Top 16 Kopi Terbaik Nasional

Kapiten (Kopi Asli Kabupaten) Pasuruan berhasil menjadi Top 16 Kopi Terbaik se-Indonesia tahun 2017.

Adalah Kopi Arabica Organik yang dikembangkan oleh Kelompok Tani Sumber Makmur Abadi, Dusun Cowek, Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen menjadi satu-satunya kopi di Jawa Timur yang akan bersaing dengan kopi-kopi dari daerah lain pada acara World Plantation Conferences and Exhibition (Pameran dan Konferensi Perkebunan Dunia) di Hotel Grand Sahid, Jakarta, mulai 18-20 Oktober 2017.

Ihwan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan mengatakan, Kapiten Pasuruan bersama dengan 15 kopi lain akan diuji oleh Tim KKSI (Konferensi Kopi Seluruh Indonesia) di hadapan Presiden RI, Joko Widodo yang rencananya akan menghadiri sekaligus membuka acara yang diselenggarakan oleh Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia itu.

“Mudah-mudahan Kapiten Pasuruan akan menjadi tiga terbaik, karena nanti Pak Presiden sendiri yang akan menentukan mana kopi terbaik di negeri ini. Kebetulan ada dua kategori, yakni Arabica dan robusta, dan Kapiten Pasuruan masuk 16 besar kategori Arabica,” kata Ihwan di sela-sela kesibukannya, Kamis (12/10/2017).

Terpilihnya Kapiten Pasuruan menjadi Top 16 Kopi Terbaik untuk kategori Arabica bukanlah didapat begitu saja, melainkan telah melalui tahapan penyisihan. Kata Ihwan, proses seleksi awal lomba  KKSI telah dilakukan di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (PPKKI) Jember, beberapa waktu lalu. Total ada 212 kopi se-Indonesia yang mengikuti lomba bergengsi ini, hingga akhirnya panitia menetapkan 16 kopi terbaik yang akan melaju ke babak final, pada 19 oktober mendatang.

“Kapiten Pasuruan sudah melalui uji penelitian, mulai dari cita rasa sampai dengan penilaian lainnya, dan kita tinggal mempersiapkan babak finalnya,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf mengaku optimis Kapiten Pasuruan akan menjadi salah satu kopi terbaik dalam lomba KKSI tahun ini. Keoptimisan tersebut tak dikatakan tanpa bukti, melainkan sudah menjadi juara kedua tingkat nasional untuk kategori cita rasa.

“Kita optimis bahwa Kapiten Pasuruan akan menjadi salah satu kopi terbaik, meskipun lawannya adalah kopo toraja, kopi bali dan kopi aceh. Kopi kita memiliki karakter kuat,” ungkap Irsyad kepada Suara Pasuruan.

Karakter yang dimaksud adalah ciri khas Kapiten Pasuruan yang selain sudah dipatenkan, keseluruhan produk melalui proses organik, mulai dari pemupukan, penanaman, pemetikan hingga proses panen kopi. Dan yang tak kalah penting adalah Kapiten Pasuruan memiliki cita rasa kuat, yakni gurih.

“Kopi kita ada gurih-gurihnya, dan itulah yang membuat Kapiten Pasuruan beda dengan yang lain. Maka dari itu, kita akan terus mempopulerkan Kapiten Pasuruan melalui pameran atau kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang. Kita hadirkan kapiten pasuruan dalam mobil, stan dan café khusus Kapiten Pasuruan,” jelasnya. (emil)

  • 15:09:03
  • emil
  • 339 kali dilihat
  • Ekonomi
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

SEP 07

Petik Merah Kopi Bareng Bupati Pasuruan

08:00 am - Seles

07 Sep 2017 (Tanggal Berakhir)

Dsn. Gunung Malang, Desa Tambaksari, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga