12Oct2017

Program Satrya Emas Terbukti Sukses Kembangkan UKM Di Kabupaten Pasuruan

Program Satrya Emas (Strategi Layanan Ekonomi Maslahat) terus memberikan dampak bagi perkembangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di Kabupaten Pasuruan.

Sejak dilaunching tahun 2015 lalu, jumlah UMKM, khususnya usaha mikro  di Kabupaten Pasuruan terus mengalami peningkatan yang signifikan. M Ghozi, Kabid Usaha Mikro pada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Pasuruan mengatakan, sejak kepemimpinan Bupati Irsyad Yusuf, jumlah usaha mikro mengalami peningkatan rata-rata 2000 usaha baru.

Sebut saja mulai tahun 2013, jumlah usaha mikro di Kabupaten Pasuruan sebanyak 238.434 usaha, dan di tahun berikutnya meningkat menjadi 241.150 usaha atau naik sebanyak 1486 usaha baru. Pada tahun 2015 jumlah nya pun semakin bertambah menjadi 245.028 usaha baru atau naik sebanyak 3878 dari tahun 2014, dan di tahun 2016 juga naik sebanyak 4655 usaha baru, yakni dari 245.028 menjadi 249.683 usaha baru.

“Banyak UKM yang kita fasilitasi dan kita damping, sesuai dengan program yang ada dalam Satrya Emas, dan itu memang berdampak banyak terhadap perkembangan dan keberadaan usaha mikro di Kabupaten Pasuruan,” kata Ghozi saat ditemui di kantornya, Kamis (12/10/2017).

Untuk dapat memfasilitasi semua usaha mikro di Kabupaten Pasuruan, setiap kecamatan memiliki pendamping Satrya Emas yang tugasnya adalah untuk membantu masyarakat, mulai dari pendataan, sampai fasilitasi akan semua permasalahan perekonomian, diantaranya inventarisasi, asset, omset, pangsa pasar atau permasalahan lainnya.

“Para pendamping Satrya Emas memiliki peran yang sangat strategis, karena menjadi penghubung masyarakat dan para pengusaha baru di Kabupaten Pasuruan. Keberadaan mereka penting untuk mengatasi banyak permasalahan di lapangan,” imbuhnya.

Untuk tahun ini, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Pasuruan telah menyiapkan 1  orang pendamping khusus untuk mendata sebanyak 240 usaha mikro di Kabupaten Pasuruan. Sedangkan untuk mendukung program Satrya Emas, setiap OPD menurut Ghozi memiliki kegiatan masing-masing yang dibiayai dari OPD yang bersangkutan. Harapanya tak lain agar perekonomian di Kabupaten Pasuruan terus meningkat setiap waktunya.

“Kita juga dibantu oleh SCR dari perusahaan, BUMN dan BUMS dan perbankan. Seluruh pihak terlibat untuk mensinkronkan Satrya Emas menjadi program yang meningatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya kepada Suara Pasurua. (emil) 

  • 15:43:59
  • emil
  • 115 kali dilihat
  • Ekonomi
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

SEP 07

Petik Merah Kopi Bareng Bupati Pasuruan

08:00 am - Seles

07 Sep 2017 (Tanggal Berakhir)

Dsn. Gunung Malang, Desa Tambaksari, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga