15May2018

Sambut Ramadhan, KIM Mawar Kecamatan Kraton Gelar Gebyar Pasar Ramadhan

Beragam upaya terus dilakukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Mawar Desa Rejosari Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan untuk mengenalkan potensi desa kepada masyarakat luas. Memanfaatkan momen bulan suci Ramadhan yang akan datang beberapa hari lagi, KIM Mawar akan menggelar Gebyar Pasar Ramadhan.

Gebyar Pasar Ramadhan ini merupakan sarana untuk mengenalkan produk-produk UMKM yang dihasilkan oleh warga desa Rejosari yang selama ini telah dipromosikan melalui website, blog dan sosial media KIM Mawar. Di sisi lain, kegiatan pasar rakyat tersebut bertujuan untuk memberdayakan masyarakat agar terus berinovasi dan berkarya memajukan desa Rejosari.

"Untuk Pasar Ramadhan kami adakan selama bulan Ramadhan, mulai awal puasa sampai akhir Ramadhan. Jadi digelar hampir satu bulan penuh, mulai tanggal 17 Mei sampai tanggal 13 Juni 2018 di lapangan Desa Rejosari. Masyarakat monggo bisa hadir beramai-ramai. Lumayan untuk ngabuburit menunggu bedug Maghrib”, kata Fatmawati, koordinator Bidang Diseminasi Informasi KIM Mawar pada saat dialog interaktif di Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Suara Pasuruan, Senin (14/5/2018).

Ia menjelaskan, barang-barang yangakan dijual di Pasar Ramadhan merupakan produk berasal dari hasil pemberdayaan warga Desa Rejosari sendiri. Pengunjung nantinya dapat menjumpai stan berbagai jenis makanan dan minuman, stan fashion, dan stan pernak pernik kerajinan tangan.

"Pasar Ramadhan memang kami khususkan untuk pemberdayaan masyarakat. Apa yang ada di masyarakat itu yang kami kembangkan. Jadi kami tidak fokus pada pasar murah yang biasanya menjual barang-barang kebutuhan pokok atau sembako", jelasnya.

Selain itu, Gebyar Pasar Ramadhan ini juga menyuguhkan acara nonton bareng (nobar) pada malam harinya. Hal ini dikarenakan momen Ramadhan bertepatan dengan gelaran Piala Dunia Tahun 2018. Sehingga untuk memeriahkan acara, agenda nobar pun tak luput dijadwalkan di acara ini.

Untuk menunjang kesuksesan acara, KIM Mawar sebagai pelaksana kegiatan juga melengkapi sarana bagi pengunjung agar lebih tertarik mengunjungi stan dengan menyediakan fasilitas wifi gratis. Harapannya agar mereka dapat menikmati fasilitas internet gratis sambil berbelanja.

"Pengunjung yang melakukan selfie atau wefie di acara kami bisa langsung meng-upload hasil jepretannya saat itu juga", tutur Anisa, salah satu anggota KIM Mawar. (Dewi+Eka Maria)

  • 15:38:34
  • Admin Kominfo
  • 161 kali dilihat
  • Pelayanan Publik
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

Saat ini agenda kegiatan masih kosong.

Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga