SKI LOT MASIH MENJADI TRADISI PERAYAAN HARI RAYA KETUPAT

Senin, 27 Agustus 2012 12:10:52 - oleh : admin

SKI LOT MASIH MENJADI TRADISI PERAYAAN HARI RAYA KETUPAT

PASURUAN - Untuk yang kesekian kalinya, warga Desa Tambak Lekok, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan meramaikan lebaran ketupat dengan menggelar perlombaan ski di atas lumpur, atau yang biasa dikenal dengan istilah "Sky Lot".

Pagi tadi (Minggu, 26 Agustus 2012), sebanyak 25 peserta dengan usia berkisar 15-40 tahun, bersaing untuk memperebutkan hadiah utama berupa televisi 20 Inc, serta beberapa hadiah hiburan yang lain.

Mereka (peserta) bukan hanya berasal dari desa tambak lekok, akan tetapi juga jauh-jauh dari kecamatan lain, seperi kraton, rejoso, sampai kecamatan nguling. Rata-rata adalah peserta dengan profesi sama, yakni nelayan.

Hisbullah, 24 tahun, warga desa kaligung, kecdamatan kraton mengaku sudah mempersiapkan fisik, untuk bisa memenangkan lomba yang pertama kali diikutinya itu.

"Biasanya kalau di daerah saya papannya lebih kecil, tapi di lekok ini justru jauh lebih besar. Ndak papa, yang penting usaha dulu," akunya.

Sementara itu, Sudar Tohir Akbar, ketua panitia wisata bahari ski lot mengatakan, perlombaan tahun ini merupakan ajang silaturrahmi antar warga desa tambak lekok dengan warga lain, di mana tradisi masyarakat yang terkenal sampai dunia tersebut, telah memasuki tahun ke 22.

"Sejak tahun 1990, kebiasaan ibu-ibu yang mencari kerang dengan menggunakan papan luncur, kami namakan dengan ski lot. dan alhamdulillah berkembang terus sampai sekarang," ujar Sudar sembari memandu gelaran perlombaan yang berlangsung pagi tadi.

Di lain pihak, Bupati Pasuruan, Dr Dade Angga S.IP M.Si yang hadir dalam event tahunan tersebut mengaku akan terus mendukung upaya warga desa tambak lekok, untuk melestarikan budaya yang sudah berlangsung bertahun-tahun itu.

Menurutnya, pemkab pasuruan akan terus memfasilitasi wisata bahari ski lot tersebut, dengan melakukan promosi besar-besaran, terutama dalam kegiatan pameran atau kunjungan ke daerah-daerah lain yang ada di Indonesia.

"Kita tahu bahwa skilot ini hanya ada di Indonesia, dan satu-satunya justru dimiliki kabupaten pasuruan. Kita harus bangga dengan kebudayaan warga desa tambak lekok ini," kata Dade dalam sambutannya.

Dirinya berharap, agar warga desa sekitar, tetap dapat menjaga tradisi ski lot dari tahun ke tahun.

"Semoga akan terus berjalan selamanya, amin," harap orang nomor satu di Kabupaten Pasuruan itu. (EMIL)

| More

Berita "Pariwisata" Lainnya