Hari Jadi Kabupaten Pasuruan

Selasa, 18 September 2012 09:34:18 - oleh : admin

Hari Jadi Kabupaten Pasuruan

Pasuruan - Seperti yang diberitakan media-media lokal pasuruan, hari ini Selasa (18/09/2012) merupakan inti peringatan Hari Jadi Kabupaten Pasruuan ke 1083. dimana prosesi tersebut diawali penyerahan Prasasti Cungkrang dari sesepuh dusun Sukci kepada Patih kemudia dikirab mulai dari dusun Sukci desa Bulusari Kecamatan Gempol yang merupakan tempat proses terbentuknya wilayah Kabupaten Pasuruan pada jaman Kerajaan Mataram pada tahun 929.
Dihelatnya kirab budaya peringatan Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke 1083 Tahun 2012 ini. Para warga tampak antusias menunggu proses jalannya kirab siang nanti mulai pukul 13.00 wib.
Seperti warga gempol yang kami temui, Sutinah (39) dirinya sejak pagi ini menunggu dengan antusia proses jalannya kirab yang seluruh patih dan prajurit adalah pejabat dan karyawan pemkab pasuruan meski cuaca pada pagi ini relatif terik, namun tidak menyurutkan semangatnya menyaksikan prosesi penyerah prasasti cunggrang dari sesepuh dusun Sukci dan seterusnya di arak hingga masuki kota bangil.
Rute keluar dari dusun sukci desa ulusari, Apolo, kepulungan, patung sapi pandaan, cangkring malang Beji, bendomungal bangil, finish alun-alun bangil. (tin)

| More

Berita "Budaya" Lainnya