Pelantikan Panwaslu

Selasa, 23 Oktober 2012 12:33:24 - oleh : admin

Pelantikan Panwaslu

PASURUAN - Jelang Pilkada Kabupaten Pasuruan, Bupati Pasuruan, Dr Dade Angga S.IP M.Si dengan didampingi Ketua Banwaslu Jatim Sufiyanto senin (22/10), melantik tiga orang yang dipercaya sebagai Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pasuruan masa periode 2013-2018.

Mereka di antaranya Suryono Pane, yang lebih dulu dikenal sebagai seorang pengacara, kemudian Achmad Hidayat, tim pemantau di program Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Kabupaten Pasuruan, serta Joko Handoyo, yang sebelumnya menjadi Panwaslu Pilgub 2008 di Kabupaten Pasuruan.

Sebelum dilantik, ketiganya telah melalui proses seleksi, seperti tes tulis, psychology test, hingga tes wawancara.

Sufiyanto mengatakan, proses seleksi Panwaslu Kota dan Kabupaten Pasuruan tahun ini lebih ketat bila dibandingkan dengen beberapa tahun sebelumnya. Menurutnya, alasan yang masuk akal adalah untuk semakin menjamin kinerja para panwaslu dalam event pesta demokrasi di setiap daerah, khususnya di Kabupaten Pasuruan, sesuai dengan tujuan pemilu.

"Banyak yang menganggap, kinerja Panwaslu tidak lebih dari pemanis saja. Akan tetapi sekali lagi kami tekankan, kami adalah bagian tak terpisahkan dari pesta demokrasi. Jadi lebih singkatnya, kami adalah pengawas pemilu yang bersifat netral dan akan menindak siapa saja yang berusaha membuat kecurangan dalam Pilkada," ujar Sufiyanto sesaat setelah pelantikan yang digelar di Gedung Serbaguna Pemkab Pasuruan.

Pelantikan yang berlangsung hanya beberapa menit itu menjadi harapan tersendiri bagi seluruh kalangan masyarakat, tidak terkecuali Dade Angga.

Kepada Radio Suara Pasuruan, orang nomor satu di Kabupaten Pasuruan tersebut berharap agar keberadaan Panwaslu dapat membantu kelancaran serta kesuksesan pesta demokrasi terbesar di Kabupaten Pasuruan, yang akan dihelat pada 3 maret 2013 mendatang.

"Pilkada mendatang, saya melihat banyak sekali calon yang akan berkompetisi. Jadi kami dari pemerintah kabupaten pasuruan hanya berpesan supaya kerja panwaslu lebih baik dari sebelumnya, termasuk dengan isu-isu pilkada seperti money politik, netralitas PNS dan sebagainya," kata Dade Angga.

Sementara itu, Suryono Pane, salah seorang panwaslu terpilih menegaskan, setelah dilantik, dirinya bersama dengan dua rekannya akan langsung membentuk kepengurusan, terlebih siapa yang akan dijadikan sebagai Ketua Panwaslu Kabupaten Pasuruan.

"Hari ini akan langsung kita tentukan siapa dari kita bertiga yang akan menjadi ketua. Kalau sudah, baru kita akan mengmbil sikap untuk mengagendakan kegiatan berikutnya," tegas pria yang juga seorang Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) itu.

Agenda yang dimaksud Pane, panggilan Suryono Pane adalah membentuk Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) serta Panitia Pengawas Lapangan.

Kata Pane, dalam waktu dekat, pihaknya akan langsung melakukan uji seleksi, bagi siapa saja yang ingin menjadi panwas di tingkat kecamatan.

"Untuk Panwascam ada tiga orang yang akan kami tugaskan di masing-masing kecamatan, begitu halnya dengan panitia pengawas lapangan,"

| More

Berita "Umum" Lainnya