PASCA PELANTIKAN, PANWASLU KAB. PASURUAN ESTAFET KEJAR TARGET

Selasa, 30 Oktober 2012 11:17:40 - oleh : eka

PASCA PELANTIKAN, PANWASLU KAB. PASURUAN ESTAFET KEJAR TARGET

Pasca pelantikan 22 Oktober 2012 lalu sebagai Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pasuruan masa periode 2013-2018, SURYONO PANE satu diantara anggota Panwaslu bersama ketiga rekannya anggota Panwaslu akan membentuk kepengurusan. Untuk menentukan, siapa yang akan dijadikan sebagai Ketua Panwaslu Kabupaten Pasuruan.

Pemilihan Ketua Panwaslu sangat diperlukan sebagai pijakan dalam pelaksanaan agenda kegiatan berikutnya. Diantaranya, membentuk Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) serta Panitia Pengawas Lapangan.

Kepada Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Suara Pasuruan,  PANE mengatakan, dalam waktu dekat, pihaknya akan langsung melakukan uji seleksi, bagi siapa saja yang ingin menjadi panwas di tingkat kecamatan. Ada tiga orang yang akan ditugaskan di masing-masing kecamatan dan panitia pengawas lapangan.

Dalam pelaksanaan tugasnya di lapangan, Panwaslu Kabupaten Pasuruan akan bertindak sesuai dengan aturan pemilu yang berlaku. Artinya, siapapun yang melakukan pelanggaran, akan ditindak. Tentunya akan diawali dulu dengan tindakan preventif, mencegah terjadinya potensi pelanggaran dalam pemilukada. Semisal tetap terjadi pelanggaran, baru akan ditindak tegas sesuai dengan hukum.   

Supaya kinerja lebih optimal, Panwaslu akan terus berkoordinasi dengan pemkab Pasuruan. Diantaranya akan berkomunikasi tentang anggaran dan fasilitas operasional. Termasuk membicarakan dimana lokasi kantor Panwaslu, yang sekiranya mudah dijangkau masyarakat.     

SURYONO PANE Panwaslu Kabupaten Pasuruan mengakui, kalau jumlah anggota Panwaslu sangat terbatas. Untuk itu, mengoptimalkan tugasnya, Panwaslu benar-benar memanfaatkan dukungan dari banyak pihak. Baik dari LSM, Ormas, maupun masyarakat luas. Dengan harapan, semuanya bisa membantu tugas Panwaslu. Terutama dalam menekan praktek money politic.      

Selain itu, dalam aplikasinya di lapangan, Panwaslu akan melibatkan pers/ jurnalis. Untuk mengawasi semua proses tahapan pemilukada. Tujuannya bisa mendeteksi segala bentuk aktifitas politik yang bisa menyebabkan terjadinya praktek money politic. Juga tetap akan menjaga netralitas PNS dalam pemilukada kabupaten Pasuruan.   

Diberitakan, 22 Oktober 2012 lalu, DR DADE ANGGA Bupati Pasuruan melantik tiga Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pasuruan masa periode 2013-2018. Didampingi SUFIYANTO Ketua Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) Jatim, Bupati melantik SURYONO PANE yang lebih dulu dikenal sebagai pengacara, ACHMAD HIDAYAT Tim Pemantau di program Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Kabupaten Pasuruan, serta JOKO HANDOYO  yang  sebelumnya menjadi Panwaslu Pilgub 2008 di Kabupaten Pasuruan.

Sebelum dilantik, ketiganya telah melalui proses seleksi, seperti tes tulis, psychology test, sampai tes wawancara. SUFIYANTO mengatakan, kalau dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, proses seleksi Panwaslu Kota dan Kabupaten Pasuruan tahun ini, lebih ketat . Menurutnya, alasan yang masuk akal dalam ketatnya seleksi adalah untuk semakin menjamin kinerja para panwaslu dalam event pesta demokrasi di kabupaten Pasuruan, sesuai dengan tujuan pemilu.

Sementara itu, DADE ANGGA Bupati Pasuruan berharap, keberadaan Panwaslu dapat membantu kelancaran dan kesuksesan pesta demokrasi terbesar di Kabupaten Pasuruan, yang akan digelar 3 maret 2013 mendatang. (EKA MARIA)


| More

Berita "Agama" Lainnya