10Aug2011

Udang Vannamei Dan Windu

Budidaya udang Vannamei ( Litopenaeus vannamei) menjadi komoditi yang banyak dikembangkan dalam budidaya air payau di Kabupaten Pasuruan. Udang vannamei menjadi komoditi alternatif disaat  budidaya udang jenis windu (Penaeus monodon) banyak menemui kendala kematian akibat penyakit dan menurunnya daya dukung lingkungan tambak.

Di Kabupaten Pasuruan udang Vannamei dan udang windu dibudidayakan di 4 kecamatan yaitu Bangil, Kraton, Rejoso dan Lekok dengan potensi lahan seluas 3.966,9 Ha. Menggunakan  teknologi budidaya tradisional dan tradisional plus dengan sistem budidaya polyculture udang-bandeng.

Dalam budidaya polyculture udang windu-bandeng atau vanname- bandeng, petambak menyesuaikan  dengan  kondisi tambak, musim dan lingkungan.  Budidaya udang tetap jadi pilihan utama pembudidaya tambak di kabupaten Pasuruan dibanding hanya membudidayakan bandeng.

Hal ini dikarenakan harga jual udang yang tinggi dan pasar yang pasti meski dari sisi jumlah produksi (volume) tidak terlalu besar.  Produksi udang windu di kabupaten Pasuruan mencapai 261, 77 ton sedangkan udang vannamei 17,5 ton. dkp/7-09
 

Potensi Terkait

  • 03:40:04
  • adminnya
  • 4455 kali dilihat
  • Perikanan
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined offset: 1

Filename: helpers/date_helper.php

Line Number: 67

SEP 12

Pekan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Jawa Timur IX Tahun 2017

Diantara Agenda Pekan KIM Jawa Timur IX Tahun 2017: 1) Ngopi Bareng Pakdhe Karwo; 2) Grand Final Lomba Cerdik Cermat Komunikatif; 3) Pameran Produk TIK KIM dan Potensi Daerah; 4) Festival Pertura; 5) Workshop TIK & Pemanfaatan Blog

09.00 WIB am - 22:00 WIB pm

16 Sep 2017 (Tanggal Berakhir)

Taman Candra Wilwatikta, Kecamatan Pandaan

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga