11Oct2017

Intens Dropping Air Bersih Ke 16 Desa Rawan Kekeringan

Pemerintah Kabupaten Pasuruan terus intens melakukan dropping air bersih ke 16 desa di Kabupaten Pasuruan yang hingga kini masih dilanda kekeringan.

Bakti Jati Permana, Kepala Pelaksana BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Pasuruan mengatakan, dropping air bersih dilakukan setiap hari sejak bulan Juli lalu, dan akan terus dilakukan sampai musim penghujan tiba.

“Kita terus mendistribusikan air bersih ke semua desa yang masih dalam kategori kekeringan setiap hari. Dalam sehari kita kirim 2 tangki ke semua desa, dengan harapan dapat langsung dimanfaatkan warga untuk memenuhi kebutuhan air bersih setiap harinya,” kata Bakti di sela-sela kesibukannya, Rabu (11/10/2017).

Keenam belas desa yang masih kekeringan tersebar di 4 kecamatan, yakni Lumbang, Winongan, Lekok dan Pasrepan. Untuk Lumbang, total ada 5 desa yang dilanda kekeringan, yakni Desa Karangasem, Karangjati, Watulumbung, Cukurguling dan Lumbang. Sedangkan di Kecamatan Winongan ada 3 desa, diantaranya Desa Kedungrejo, Sumberrejo dan Desa Jeladri. Begitu juga dengan Kecamatan Lekok, setidaknya ada 4 desa terdampak, yakni Desa Balunganyar, Pasinan, Wates dan Semedusari, dan di Kecamatan Pasrepan ada 4 desa, yakni Desa Sibon, Petung, Klakah dan Desa Tambakrejo. Kata Bakti, dari seluruh desa tersebut, warga terdampak yang memerlukan bantuan air bersih mencapai 13.244 Kepala Keluarga (KK).

“Meskipun sekarang sudah mulai turun hujan, akan tetapi selagi hujan tersebut belum membentuk sumber besar, maka sesuai arahan Pak Bupati Irsyad, dropping air bersih akan terus kita lakukan,” imbuhnya.

Sementara itu, saat ditanya perihal anggaran yang disiapkan untuk distribusi air bersih, Bakti menegaskan bahwa seluruhnya berasal dari anggaran kedaruratan yang bersumber dari APBD Kabupaten Pasuruan tahun 2017. Hingga saat ini, total anggaran yang sudah dikeluarkan untuk distribusi air bersih mencapai Rp 300 juta, sehingga untuk kebencanaan, anggaran yang berada di BKD ( Badan Keuangan Daerah) Kabupaten Pasuruan siap dikeluarkan sewaktu-waktu.

“Kita siap untuk memback up masalah kebencanaan di Kabupaten Pasuruan, seperti kekeringan, banjir, tanah longsor dan bencana lainnya,” pungkas pria berbadan tinggi besar itu. (emil)

 

  • 19:02:19
  • emil
  • 175 kali dilihat
  • Umum
Komentar Pengunjung
Tuliskan Komentar
 
Form Pencarian
Berita Terkini
Agenda Kegiatan
Agenda Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan.

NOV 25

Majlis Dzikir Maulidurrasul Muhammad SAW.

Majlis Dzikir Maulidurrasul Muhammad SAW. dalam rangka HUT Kabupaten Pasuruan Ke-1088

07:00 am - 15:00 pm

25 Nop 2017 (Tanggal Berakhir)

Depan Kantor Pemkab Pasuruan Raci Bangil - Pasuruan

Semua Agenda »
Suara Warga
Form & Arsip Suara Warga